Walau harga naik, industri tekstil tetap genjot impor kapas



2053037234p Walau harga naik, industri tekstil tetap genjot impor kapas

1 Maret 2011.

JAKARTA. Harga kapas dunia kembali melonjak. Setelah beberapa minggu lalu sempat turun, sore ini kembali naik. Seperti dikutip dari Bloomberg hari ini harga kapas di bursa ICE Future menjadi US$ 1,9823 per pon.

Meski harga kapas dunia terus tinggi, namun tidak menyurutkan permintaan para importir kapas di dunia, salah satunya di . Tahun ini kebutuhan kapas dalam negeri antara 700.000 ton hingga 800.000 ton.

Jumlah ini seperti tahun sebelumnya. Sementara, pemerintah tahun ini hanya menargetkan produksi kapas dalam negeri sebesar 33.000 ton. Kabarnya, angka yang ditargetkan tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tekstil dalam negeri, sehingga mau tak mau harus mengimpor.

Menurut Ade Sudrajat Ketua Asosiasi Tekstil , naiknya harga kapas dunia memang tidak menentu. “Hal tersebut bukan karena faktor para spekulan, melainkan kita lihat cuaca yang hingga tahun ini masih tidak mendukung untuk panen. Jadi, walaupun harga kapas naik, namun permintaan terhadap impor kapas juga akan ditetapkan sesuai kebutuhan karena kami hanya memasok 1% dari kapas lokal sedangkan 99% harus mengimpor kapas,” jelasnya.

Pasalnya, tahun lalu nilai impor kapas mencapai angka US$ 1,7 miliar dan tahun 2011 Ade bilang bisa di atas US$ 2 miliar. mengimpor kapas dari Amerika Serikat, Brasil, dan Australia.

Ade menambahkan, meskipun mengimpor kapas terbesar tapi hasil produksi yang berupa benang kembali di ekspor ke sejumlah negara. “Ekspor benang kita juga tak kalah bahan baku yang di impor,” katanya. Ia bilang, hasil produksi kapas yang berupa benang tersebut 70% dipakai untuk kebutuhan dalam negeri dan 30% diekspor ke China dan Turki sebagai negara tujuan ekspor terbesar bagi .

 

Sumber : http://arsipberita.com/show/walau-harga-naik-industri-tekstil-tetap-genjot-impor-kapas-171407.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s