Revolusi Tekstil


Setiap hari sadar atau tidak, kehidupan manusia selalu dikelilingi oleh produk tekstil. Dari mulai hal-hal biasa seperti pakaian yang kita pakai, kaos kaki yang kita kenakan, tirai yang dipasang di rumah-rumah hingga rangka pesawat terbang dari material tekstil komposit yang tidak biasa. Tekstil memang tidak terbatas hanya pada kebutuhan sandang dan fesyen seperti selama ini dipahami banyak orang. Nyatanya tekstil memiliki wilayah aplikasi sangat luas dan telah melebar lebih dari sekedar dipandang sebagai pakaian saja.

Perkembangan tekstil saat ini menunjukkan bahwa teknologi tekstil telah dan makin menjangkau bidang-bidang teknologi lainnya. Pada bidang konstruksi misalnya, saat ini pengembangan tekstil beton terutama di perguruan tinggi dan lembaga riset di Jerman menjadi tema yang hangat dan begitu maju. Tak ketinggalan juga pada bidang otomotif, kereta api dan pesawat terbang misalnya, bahan komposit tekstil makin dilirik dan banyak dipakai untuk menggantikan peran bahan logam. Begitu juga pada bidang kesehatan atau yang lebih dikenal dengan istilah medical textile semakin menunjukan tren yang menarik. Contoh lain misalnya dengan semakin hangatnya penelitian-penelitian dan aplikasi nano teknologi pada bidang tekstil, belum lagi aplikasi bidang elektronika pada material tekstil yang melahirkan istilah baru bernama smart textile atau tekstil cerdas semakin menunjukkan perkembangan yang menarik.

Oleh karena itu, sebenarnya penelitian dan perkembangan di bidang teknologi tekstil dapat dipandang sebagai salah satu bidang teknologi di antara sekian bidang teknologi lainnya yang berada di jajaran pertama penelitian interdisipliner dan itu yang sekarang dilakukan oleh banyak lembaga penelitian, perguruan tinggi dan industri terutama di negara-negara maju.

Melihat perkembangan ini, maka tidak salah kalau kita mengatakan bahwa saat ini revolusi tekstil sedang terus berlangsung dan tren ini masih akan terus berlanjut. Kalau di masa lalu perkembangan teknologi tekstil berputar di antara pengembangan teknologi serta optimalisasi produk misalnya, maka perkembangan terakhir teknologi tekstil sudah lebih dari itu. Saat ini penelitian dan perkembangan teknologi tekstil yang berpadu dengan berbagai bidang teknologi lainnya telah semakin intens dan merupakan pendekatan rutin untuk mendukung tema aktual Inovasi Tekstil (Textile Innovative).

 

Sumber : http://thinktextiles.blogspot.com/2008/12/revolusi-tekstil.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s