Penghilangan Warna dengan Cara Oksidasi/Reduksi


Sampai saat ini warna dalam air limbah tekstil masih merupakan masalah yang belum terpecahkan sampai tuntas.
Berbagai pengolahan cara konvensional yang diterapkan belum memberikan hasil yang diharapkan dalam proses penghilangan warna. Metoda koagulasi kimia dan flokulasi yang telah banyak digunakan umumnya berhasil menghilangkan warna dalam air limbah sampai di atas 80%, kecuali untuk jenis golongan zat warna tertentu seperti zat warna basa, sebagian zat warna asam, sebagian zat warna reaktif dan lain-lain (21) .
Metoda biologi konvensioanal umumnya tidak berhasil menghilangkan zat warna dalam air limbah. Banyak metoda lain yang dilaporkan berhasil menghilangkan warna. Hanya saja perlu diperhatikan bagi metoda yang menggunakan sifat penguraian zat warna untuk mengamati produk akhir yang terjadi dan sifat toksisitasnya dibandingkan dengan zat warna itu sendiri.

Pada tulisan ini dipaparkan berbagai alternatif terbaru sistem penghilangan warna dengan sistem oksidasi/reduksi beserta dengan kemungkinan produk akhir yang terjadi setelah proses penghilangan warna. Penggunaan metoda oksidasi/reduksi diharapkan dapat memecahkan masalah dalam mengatasi warna dalam efluen melalui pemecahan gugus kromofor zat warna. Keuntungan digunakannya system oksidasi/reduksi ini adalah tidak terbentuknya sludge yang menumpuk pada akhir pengolahan, walaupun penggunaan metoda ini masih memerlukan pertimbangan dari segi ekonomi.

http://www.bbt.kemenperin.go.id/index.php/hasil-penelitian/arena-tekstil/47-arena-2005/82-penghilangan-warna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s