Pendidikan dan Penelitian Tekstil di TU Dresden


Technische Universität (TU) Dresden terletak di kota Dresden sebagai ibu kota negara Sachsen. TU Dresden didirikan pada tahun 1828 dan merupakan salah satu universitas tertua di Jerman. TU Dresden sendiri merupakan kampus terbesar di negara bagian Sachsens. Disini terdapat lebih dari 35.000 mahasiswa, 4.200 staf dan 418 Profesor dari berbagai disiplin ilmu.

Insitut für Textil- und Bekleidungtechnik yang biasa disingkat ITB merupakan salah satu Insititut dibawah Fakultas Mesin dan sekaligus merupakan kompetenzentrum für Technische Textilien (Pusat Kompetensi Tekstil Teknik). Secara garis besar aktifitas di insitut ini terdiri dari penyelenggaraan Pendidikan dan Penelitian. Pendidikan disini dimulai dari Diplom Ingenieur, Master dan Doktor. Sedangkan untuk penelitian diarahkan pada penelitian interdisipliner, kolaborasi dengan industri dan hasil penelitian dapat ditransfer dalam tataran praktis.

Keberadaan seorang professor pada suatu program studi di Universitas di Jerman menjadi syarat mutlak dan sangat menentukan. Apabila suatu program studi tidak memiliki seorang profesor, maka program studi itu terpaksa harus ditutup. Sementara ini, ada tiga orang profesor tetap yang dimiliki Institut Tekstil ini, yaitu Profesor Teknik Tekstil, Pakaian jadi dan Tekstil Teknik. Selain itu ada beberapa tambahan profesor, yaitu Professur Textilerecycling, Makromolekule Chemie, Textil Faserstoffe (serat tekstil) dan Textilveredlung (Penyempurnaan Tekstil) yang berada di berbagai lembaga penelitian tekstil yang ada di Dresden. Beberapa dosen lain yang minimal berkualifikasi Doktor tentu saja ikut terlibat.

Setiap tahunnya rata-rata mahasiswa yang kuliah di Insitut ini terdiri dari mahasiswa Dipl.Ing sekitar 10 orang dari jurusan Maschinenbau (Teknik Mesin), 40 orang dari jurusan Leichtbau (sipil bangunan (ringan)) dan Witrschaftwissenschaften (Teknik Industri). Sedangkan mahasiswa yang mengambil Master Textil- und Bekleidungtechnik (Textil and Ready Made Clothing) sendiri sekitar 8-15 mahasiswa pertahun dan mayoritas mahasiswa internasional. Sementara itu ada 14 mahasiswa pertahun yang ikut kuliah lewat program E-Team European Master Degree in Advanced Textile Engineering. Sementara untuk program Doktor angkanya relatif tidak pasti, tahun ini ada sekitar 8 mahasiswa Doktor.

Secara keseluruhan,proses belajar disini diberikan dalam bahasa Jerman sehingga penguasaan bahasa Jerman ini menjadi suatu keharusan, walaupun demikian kemampuan bahasa Inggris tetap diperlukan. Khusus untuk program Master setiap tahunnya rata-rata ada beasiswa dari DAAD untuk 6 orang mahasiswa dari berbagai negara berkembang dan ini menjadi kesempatan yang baik. Beruntunglah apabila kita mendapatkan beasiswa dari DAAD karena lembaga pemberi beasiswa Jerman ini akan memberikan tambahan belajar tambahan di Goethe Institut Dresden selama 6 bulan untuk memperdalam bahasa.

Berbagai Fasilitas pendidikan di sini sangat memadai dan bisa dikatakan lengkap. Begitu juga dengan kualitas staf pengajarnya yang rata-rata memang Profesor dan Doktor yang memiliki menguasai dasar dan perkembangan terbaru teknologi tekstil. Mereka juga sangat produktif dan banyak mengirimkan karya-karya ilmiah hasil penelitiannya ke jurnal-jurnal tekstil internasional bergengsi, termasuk pula banyak mengikuti simposium dan seminar-seminar internasional.

Khusus mengenai penelitian, kita akan melihat budaya dan etos serta hasil-hasil penelitian di bidang teknologi tekstil di sini yang sedemikian sangat maju dan berkembang. Tema-tema penelitian mengenai Tekstil Beton, Tekstil Medik, Mesin Tekstil, Polimerisasi, Komposit Tekstil, Tekstil Teknik dan berbagai penelitian maju lainnya menjadi tema-tema utama. Sebagai catatan tambahan saja, ilmuwan-ilmuwan di TU Dresden merupakan salah satu barisan ilmuwan yang menjadi perintis penelitian di bidang Tekstil Beton, yaitu suatu pengembangan material tekstil yang diaplikasikan untuk membuat penguatan beton yang biasanya memakai material logam. Wajar saja kalau misalnya Institut Tekstil ini mendapatkan dana penelitian yang sangat besar sampai tahun 2011 dari pemerintah federal Jerman (DFG) untuk mengembangkan Textilbewehrter Beton.

Demikian sekilas mengenai pendidikan dan penelitian tekstil di Insitut für Textil- und Bekleidungtechnik-Technische Universität Dresden. Berikut ini adalah alamat web site ITB-TU Dresden http://tu-dresden.de/die_tu_dresden/fakultaeten/fakultaet_maschinenwesen/itb

 

 

sumber : http://thinktextiles.blogspot.com/search/label/Pendidikan%20Tekstil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s