Pemanfaatan Biji Asam (Tamarindus Indica) sebagai Bahan Pengental untuk Proses Pencapan Tekstil


Dalam penelitian ini biji asam yang banyak terdapat di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur khususnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan diuji coba untuk dimanfaatkan sebagai bahan pengental pada proses pencapan tekstil.

Penelitian teknologi pembuatan serbuk pengental biji asam dimulai dari seleksi biji asam, penyanggraian, pengelupasan kulit, pematangan biji, pengeringan sampai proses penghalusan hingga ukuran 100 mesh. Asam benzoat ditambahkan sebagai zat anti bakteri untuk menghambat terjadinya penurunan viskositas pengental.

Hasil pengujian viskositas tanpa penambahan zat anti bakteri berkisar 70.000 cps pada hari pertama dan 1.500 cps pada hari kelima, sedangkan setelah  penambahan zat anti bakteri viskositas berkisar 60.000 cps pada hari pertama dan 8.500 cps di hari kelima, sehingga sampai penyimpanan hari kelima pengental masih dapat  digunakan untuk proses pencapan. Uji kekakuan kain dan ketuaan warna  mempunyai nilai yang lebih baik dari pengental komersial. Pengujian terhadap bakteri menunjukan serbuk pengental pada percobaan ini tahan terhadap mikroba. Uji  FTIR pada kain hasil pencapan menunjukan bahwa pengental biji asam hasil penelitian tidak mengadakan reaksi baik dengan serat maupun zat warna. Dari seluruh hasil pengujian dan analisa membuktikan serbuk pengental hasil penelitian telah memenuhi syarat sebagai pengental tekstil.

 

http://www.bbt.kemenperin.go.id/index.php/hasil-penelitian/arena-tekstil/52-arena-2008/162-Pemanfaatan-Biji-Asam-%28Tamarindus-Indica%29-sebagai-Bahan-Pengental-untuk-Proses-Pencapan-Tekstil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s