Meski Harga Kapas Turun, Industri Tekstil Masih Terganggu


Setelah selama tujuh hari menguat, hari ini harga kapas turun. Data Bloomberg, Selasa (8/3), menunjukkan harga kapas berada di harga US$ 2,0714 per pon. Sebelumnya, harga kapas sempat menyentuh US$ 2,197 per pon.

Kenaikan harga kapas tak menentu karena meningkatnya kebutuhan kapas dunia, padahal pasokan terus berkurang.

Sayangnya, walaupun harga kapas mengalami penurunan, tapi hal ini tak berpengaruh besar terhadap industri pertekstilan. “Tidak ada pengaruh signifikan, karena secara psikologis mata rantai perindustrian kita masih terganggu,” kata Ade Sudrajat Usman, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API).

Reli harga kapas dunia memang tidak menentu sehingga masih ada kemungkinan kenaikkan harga. Menurut Ade, turunnya harga kapas juga tidak signifikan. Selain itu, Indonesia tetap mengimpor 99% kapas.

“Jadi, meski harga kapas turun, harga jual tidak bisa serta-merta diterima oleh mata rantai berikutnya sampai ke tingkat pengecer, karena mereka juga tidak bisa menerima harga baru. Tetap saja kita dikenakan harga tinggi,” kata Ade.

Sekadar mengingatkan tahun 2011, API menargetkan impor kapas mencapai di atas US$ 2 miliar, dibandingkan dengan 2010 sejumlah US$ 1,7 miliar.

 

Sumber : http://www.bbt.kemenperin.go.id/index.php/berita-industri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s