Komposit Serat Rami dan Limbah Rami Sebagai Bahan Absorpsi Suara


Penelitian ini dilakukan untuk membuat komposit polimer-serat alam sebagai bahan absorpsi suara. Komposit terdiri dari serat rami dan limbah hasil dekortikasi batang rami yang diikat dengan matrik resin etilena vinil asetat (EVA), yang dibuat dengan metoda cetak tekan. Proses alkalisasi dilakukan terhadap serat dan limbah rami sebelum dibuat menjadi komposit.

Pengujian dilakukan terhadap serat rami dan limbah rami meliputi: uji komposisi kimia limbah rami, untuk menjelaskan kemungkinan terjadinya ikatan kimia dengan matrik resin dan uji FTIR untuk mengkaji pengaruh proses alkalisasi pada serat maupun limbah rami. Pengujian terhadap produk komposit yang dihasilkan untuk menentukan karakteristik komposit sebagai bahan absorpsi suara khususnya untuk peredam suara mesin-mesin tekstil, meliputi koefisien absorbsi suara dengan sistem tabung impedansi dan pengukuran beberapa sifat fisik yaitu fraksi volume void, densitas dan volum komposit.

Dari hasil pengujian dan perhitungan menunjukkan bahwa : proses alkalisasi dapat mempengaruhi penurunan koefisien absorpsi suara. Besarnya fraksi void mempengaruhi sifat porositas komposit, semakin tinggi fraksi void semakin tinggi pula koefisen absorpsi suara. Dapat disimpulkan bahwa produk komposit serat rami dan limbah rami dengan polimer EVA sebagai matriks pengikat, baik dengan maupun tanpa alkalisasi dapat difungsikan sebagai bahan absorpsi suara, dengan fraksi serat antara 0,400 – 0,448 dan fraksi matriks 0,424 – 0,501. Koefisien absorpsi suara optimum  diperoleh pada komposit  limbah rami  tanpa alkalisasi  dengan  α = 0,64, pada frekuensi rendah (31,5-1600) Hz, dan   α = 0,80 pada frekuensi tinggi (1600-3200) Hz.

 

http://www.bbt.kemenperin.go.id/index.php/hasil-penelitian/arena-tekstil/53-arena-2009/151-Komposit-Serat-Rami-dan-Limbah-Rami-Sebagai-Bahan-Absorpsi-Suara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s