Joseph Marie Jacquard (1752-1834): Revolusi Teknologi Tekstil dan Komputer (2)


Di dalam sejarah permesinan sendiri, mesin tenun Jacquard merupakan mesin pertama yang menggunakan alat pemrograman bagi seraggkaian operasional fungsi-fungsi pada mesin. Kartu berlubang yang desainnya sederhana tetapi sangat cerdas ternyata telah menjadi sumber inspirasi bagi lahir dan berkembangnya teknologi komputer. Hampir semua komputer menggunakan sistem pemrograman yang sama dengan prinsip kartu berlubang, yaitu pemrograman biner yang terdiri dari kode on dan off. Selain itu, ide untuk melakukan proses input dan output menjadi pilar penting lainnya dalam teknologi dan desain komputer. Kemudian kemampuan untuk mengubah corak atau desain pada mesin dengan kartu berlubang juga menjadi konsep perintis dalam pengembangan pemograman komputer dan pemrosesan data.

Pada tahun 1822, dua puluh tahun berselang sejak ditemukannya kartu berlubang Jacquard, seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris terpengaruh dan mendapatkan ide dari penggunaan kartu tersebut untuk mengontrol serangkaian perhitungan dengan mesin analitiknya. Di tahun-tahun berikutnya, ide ini semakin berkembang dan menemukan bentuk aplikasinya yang lain. Tahun 1890 Herman Hollerith menggunakan kartu berlubang sebagai media penyimpanan data. Ia pun kemudian membuat serangkaian mesin untuk menghitung serangkaian data yang disimpannya dalam kartu berlubang secara elektromekanik. Melalui perusahaan yang didirikannya, yaitu Tabulating Machine Corporation, ia akhirnya mematenkan hak cipta atas penggunaan kartu berlubang ini. Ukuran kartu berlubang untuk pemrosesan data tersebut lebarnya 7 3/8 inchi, tinggi 3 ¼ inchi dengan ketebalan 0,007 inci.


Pada tahun 1928, Perusahaan Hollerith itu berubah nama menjadi IBM, yang selanjutnya berperan memperkenalkan kartu berlubang persegi panjang dengan format 80 kolom. Pada ahun 1938, Konrad Zesu yang baru saja dua tahun lulus dari TH Berlin German berhasil membuat mesin hitung Z1 dengan menggunakan pemograman biner secara elektronik dengan menggunakan punched tape (pita berlubang) . Tahun 1946 tercatat sebagai tahun dimana komputer elektronik penuh yang pertama berhasil dibangun. Komputer ini mampu memrogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan. Komputer itu bernama ENIAC, singkatan dari Electronic Numerical Integrator And Computer. Pada komputer generasi pertama ini punch card IBM digunakan sebagai unit pembacanya. Eniac beroperasi sampai tahun 1955 dan telah memberikan ide-ide dalam pengembangan komputer berikutnya.

Hingga di sini nampak jelaslah bagaimana temuan seorang Marie Jacquard telah mencetuskan revolusi teknologi di bidang tekstil dan juga meletakan dasar yang kokoh bagi terciptanya komputer di masa kini. Marie Jacquard meninggal pada usia 82 tahun pada tanggal 7 Agustus 1834.

Sumber Bacaan:

  1. Prof. Ralph Stelzer, Informatik für Maschinenbauer, TU-Dresden, 2008.
  2. http://www.community.middlebury.edu/~briggs/Courses/FYSE1060-F04/presentations/Jacquard.ppt
  3. http://www.nsri.upd.edu.ph/downloads/hjramos/2nd%20Sem/group_13_written_report.doc
  4. http://www.encyclopedia.com/doc/1B1-368382.html
  5. http://www.csc.liv.ac.uk/~ped/teachadmin/histsci/htmlform/lect4.html
  6. http://www.screensite.org/courses/Jbutler/T389/ITHistoryOutline.htm
  7. http://www.madehow.com/inventorbios/96/Joseph-Marie-Jacquard.html
  8. http://en.wikipedia.org/wiki/Jacquard
  9. http://www.frankreich-sued.de/prominente-server/Joseph-Marie-Jacquard/Joseph-Marie-Jacquard.htm
  10. http://www.cs.uiowa.edu/~jones/cards/history.html

 

Sumber : http://thinktextiles.blogspot.com/2009/01/joseph-marie-jacquard-1752-1834.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s