Garmen Indonesia Siap Banjiri AS


 

Garmen Indonesia Siap Banjiri AS

 

TEMPO Interaktif, Jakarta– Industri garmen bersiap meningkatkan ekspor ke Amerika Serikat untuk merebut pasar produk Cina yang mulai lesu. “AS sedang mencari alternatif sebagai pemasok garmen dan tekstil,” kata Sekretaris Jenderal Pertekstilan Indonesia, Ernovian G. Ismy, Ahad 19 Juni 2011.

 

Ia menuturkan, hampir 100 persen kebutuhan garmen AS disandarkan pada impor, dengan Cina sebagai pemasok utama. Pemasok lainnya adalah India, Kamboja, Vietnam, dan Indonesia. Namun, seiring makin tingginya ongkos tenaga kerja Cina, produk dari negara itu mulai mahal.

 

Untuk wilayah Asia Tenggara, Indonesia adalah negara yang memiliki peluang paling besar sebagai pemasok alternatif. “Karena untuk persyaratan one stop service, Indonesia paling siap. Di sini industri hulu hingga hilir ada,” ujar Ernovian.

Lagi pula, industri garmen Indonesia mulai menjadikan AS sebagai target ekspor utama. Tahun lalu, AS telah menduduki peringkat pertama negara sasaran ekspor garmen atau sekitar 36 persen dari total nilai ekspor garmen yang mencapai US$ 11,2 miliar.
Wakil Menteri Perdagangan, Mahendra Siregar sebelumnya mengatakan asosiasi sepatu dan garmen AS akan berkunjung ke Indonesia untuk berbicara mengenai peluang Indonesia mengisi pasar sepatu dan garmen.

Sumber : http://www.tempo.co/hg/bisnis/2011/06/19/brk,20110619-341748,id.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s