Diversifikasi Produk Full Fashioned Kain Tenun-Rajut Bahan Rami dan Sutera (Mitera)


Telah dilakukan penelitian proses desain sampai dengan baju  jadi siap pakai dengan menggunakan bahan baku rami dan sutera. Sedangkan nomor benang yang digunakan mencakup benang rami 100% (20’S dan 40’S), benang sutera 28 Denier, 42 Denier dan 60/2 Denier juga sebagai tambahan digunakan benang campuran yang terdiri dari poliester, rayon dan viscosa dengan nomor yang sama sebagai bahan penguat untuk  bagian-bagian tertentu pada kain jadinya juga dipakai sebagai benang jahit.

Adapun kajian proses desain meliputi variasi penyediaan bahan baku untuk proses persiapan pertenunan, cara pembuatan kainnya dengan struktur desain anyaman baik rajut maupun tenun , dan sistem ataupun cara penjahitan gabungan dalam kain tenun-rajut dari bahan rami-sutera. Sebagai hasil percobaan maka dibuat kain jadi dalam beberapa contoh, yaitu  4 (empat) pakaian jadi wanita, 1 (satu) rompi dan 2 (dua) pakaian kemeja pria.

Hasil percobaan menunjukkan, bahwa kain yang dibuat dari bahan rami-sutera warnanya menjadi polikhromatik sehingga tampilan warna yang terjadi pada desain lebih atraktif, dan setik jahitan yang baik untuk anyaman rajut rata-rata 10 setik per inci; sedang untuk anyaman tenun 12 setik per inci; tetapi untuk gabungan anyaman tenun-rajut maka jahitan yang cukup baik  adalah 8 setik per inci. Selanjutnya dengan adanya diversifikasi produk ini dapat  menghasilkan nilai tambah dan harga jual cukup juga dalam penggunaan bahan baku untuk membuat kain jadi menjadi lebih sedikit dan efisien.

 

 

http://www.bbt.kemenperin.go.id/index.php/hasil-penelitian/arena-tekstil/48-arena-2006/183-Diversifikasi-Produk-Full-Fashioned-Kain-Tenun-Rajut-Bahan-Rami-dan-Sutera-%28Mitera%29

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s