Ditemukan Serat yang Lebih Kuat dari Kevlar


nanocarbons 460x306 Ditemukan Serat yang Lebih Kuat dari Kevlar

WASHINGTON (dp) — Ketergantungan industri otomotif pada material kuat dan ringan kevlar tampaknya akan segera tergantikan. Pasalnya, Departemen Pertahanan AS beberapa waktu lalu telah menemukan sebuah material semacam serat karbon yang diklaim memiliki kemampuan lebih hebat dari kevlar.

Kendati masih dalam proses pengembangan, Dephan AS berkeyakinan material serat yang akan diciptakan mampu menahan serangan peluru dan layak dikonsumsi untuk industri otomotif serta penerbangan.

Dalam dunia otomotif sendiri kevlar banyak digunakan untuk komponen bodi pada kendaraan-kendaraan khusus performa tinggi. Mobil F1, MotoGP, hingga helm banyak mengaplikasi material tahan panas yang ringan dan berkekuatan tinggi ini.

Menurut Dephan material tersebut dikonstruksi dari carbon nanotubes berikut polymer. “Kami ingin membuat generasi terbaru serat (nanotubes) yang kuat dan tangguh,” ujar profesor rancang bangun mekanik Horacio Espinosa dari Universitas Northwestern.

“Material ini (serat) akan sangat kuat. Dia mampu menyerap energi sebelum hancur. Kami juga masih meneliti sejauh mana kekuatannya bisa bertahan,” lanjut Espinosa.

Espinosa menambahkan Dephan dan Universitas Northwestern memerlukan biaya riset 7,5 juta dolar AS untuk penelitian material tersebut.

Selain meneliti daya tahan, para ilmuwan saat ini juga sedang mempelajari tentang kemungkinan membungkus carbon nanotubes agar lebih simpel sehingga lebih bersahabat untuk industri. 

 

http://www.dapurpacu.com/ditemukan-serat-yang-lebih-kuat-dari-kevlar/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s