Analisa Termomekanika Serat-Serat Selulosa untuk Menentukan Kemurnian Serat


 

Serat alam seperti kapas, rami, abaka, yute, sisal dan sebagainya termasuk serat selulosa karena sebagian besar merupakan polimer selulosa. Untuk dapat digunakan sebagai bahan yang baik terutama untuk tekstil, serat tersebut perlu dibersihkan dengan berbagai proses seperti rating, deguming, pemasakan, pemutihan dan proses lainnya. Proses  pemurnian dianggap memuaskan apabila jumlah zat-zat yang tersisa pada serat seperti lignin, pektin, hemiselulosa, pigmen dan sebagainya jumlahnya kecil, dan hal tersebut dapat diketahui dengan cara analisa kimia. Persoalan pada cara analisa kimia adalah relatif sukar, memerlukan waktu lama dan biaya yang mahal, oleh karena itu cara pengujian yang simpel dan mudah perlu diciptakan untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut.

Struktur kimia, berat molekul, kristalinitas dari zat-zat yang tertinggal pada serat selulosa adalah sangat berbeda dibanding selulosa. Sifat termomekanika polimer selulosa yang ada pada serat selulosa akan dipengaruhi oleh adanya sisa zat yang masih tertinggal. Makin banyak zat-zat yang tertinggal didalam serat makin besar pula pengaruh yang ditimbulkan dan akan menciptakan perbedaan kurva termomekanika dari selulosa asli.  Dengan membandingkan kurva termomekanika serat selulosa asli ketidak murnian serat-serat dari selulosa dapat dikenali dengan mudah.  Cara ini lebih mudah untuk digunakan mengukur ketidak murnian serat-serat selulosa dibanding menggunakan cara analisa kimia.

 

http://www.bbt.kemenperin.go.id/index.php/hasil-penelitian/Prosiding-dan-Seminar/64-Prosiding-dan-Seminar/141-Analisa-Termomekanika-Serat-Serat-Selulosa-untuk-Menentukan-Kemurnian-Serat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s