Indonesia Produksi Sarung Terbaik


Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, ekspor Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) pada tahun 2009 mencapai 136.773 kg. Ekspor tersebut mengalami kenaikan pada tahun 2010 yang mencapai 154.109 kg.

 

Menurut Anies Sungkar, Director of Supply Change PT Pisma Putra Textile, Indonesia masih dikenal sebagai produsen benang dan tekstil dengan kualitas terbaik di dunia. Oleh karena itu, banyak yang berminat mengimpor benang dari Indonesia terutama sarung.

 

“Sekitar 30 persen produk benang diekspor, 40 persen digunakan sendiri untuk produksi sarung, dan 30 persen dijual di pasar lokal,”ujarnya.

 

Dikatakan Anies, pihaknya mengekspor hasil produksinya ke berbagai negara. Di antaranya ke Korea Selatan (Korsel), Thailand,dan Malaysia. Meskipun begitu, permintaan sarung di dalam negeri cukup besar karena sedang bergairah mendekati bulan puasa dan Lebaran, apalagi harga bahan baku menurun.

 

“Selain mengekspor benang, produksi kami juga sudah banyak yang diekspor ke negara Afrika dan Asia, bahkan kami menguasai sekitar 55 persen pasar sarung Malaysia,”ungkapnya.

 

Anies menambahkan, keberhasilan produksi sarung menguasai pasar global di Asia karena salah satu penguasa ekonomi dunia seperti China tidak memproduksi sarung. Selama ini, sarung yang terkenal dengan motif kotak – kotak sudah tidak diterapkan lagi namun sudah menerapkan motif yang berbeda.

“Indonesia masih menjadi produsen sarung terbaik di dunia di samping India. Untuk ekspor sarung Indonesia masih mendominasi,”jelasnya.m27

 

Sumber : http://www.indotextiles.com/index.php?option=com_content&task=blogsection&id=1&Itemid=72

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s