Wah! Apa ya hubungannya serat Nomex dengan gitar?

Poliamida aromatik (aramids, aromatic polyamides) mulai muncul secara komersial di awal 1960-an dengan diperkenalkannya serat meta-aramid Nomex® (Nomex® adalah merek terdaftar dari DuPont) yang diaplikasikan untuk insulasi panas dan elektrik. Setelah itu dikembangkan pula serat sejenis yang memiliki kekuatan (tenacity) dan modulus yang lebih tinggi dari serat Nomex® dan dikomersialkan juga oleh DuPont dengan nama dagang Kevlar® pada 1971 [1].

Struktur kimia serat Nomex® dan Kevlar® dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 1. Struktur kimia serat Nomex®

Gambar 2. Struktur kimia serat Kevlar®

Serat Nomex® disebut meta-aramid karena struktur cincin aromatiknya mengikat gugus amida pada posisi meta. Ini berbeda dengan Kevlar® yang gugus amidanya terikat dengan posisi para pada cincin aromatiknya.

Serat Nomex® tahan terhadap nyala api (combustion) dan memiliki titik leleh yang tinggi sehingga serat ini sangat cocok digunakan untuk pakaian pemadam kebakaran [2] dan juga untuk pakaian keselamatan pembalap [3].

Lebih menariknya lagi, serat Nomex® ini ternyata tidak hanya dibuat untuk pakaian keselamatan seperti yang sudah disebutkan di atas, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam bidang musik. Bila anda seorang gitaris barangkali pernah mendengar istilah double-top guitar terutama pada jenis gitar klasik (classical guitar). Selain istilah double-top, ada juga yang mengatakan sandwich-top atau composite-top.

Gambar 3. Salah satu tahap dalam pembuatan gitar double-top dengan kain Nomex®.
Ini adalah teknik yang relatif baru pada konstruksi soundboard pada gitar. Gitar-gitar yang dibuat oleh luthier (pembuat gitar) Mathias Dammann, Jim Redgate, dan Gernot Wagner menggunakan konstruksi double-top ini. Gitar jenis ini menggunakan kain Nomex® yang dipasang seperti sandwich di antara dua lembar tipis kayu yang biasa dipakai pada gitar pada umumnya seperti jenis Cedar atau Spruce [4]. Kain Nomex® yang dipakai adalah yang mempunyai konstruksi seperti sarang lebah (heksagonal).

Kain Nomex® dengan konstruksi sarang lebah.
Gitar dengan konstruksi sandwich seperti ini mempunyai kualitas suara akustik yang sangat baik [5]. Banyak gitaris klasik kenamaan yang menggunakan gitar seperti ini, namun harganya sangat mahal, puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Hmm…lumayan juga ya!

Daftar Pustaka

  1. J.W.S. Harle (ed), High-Performance Fiber, Woodhead Publishing Ltd., Cambridge, England, 2001.
  2. Horrocks, A.R., dan S.C. Anand, Handbook of Technical Textiles, Woodhead Publishing Ltd. Cambridge, England, 2000.
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Nomex
  4. http://en.wikipedia.org/wiki/Classical_guitar_making#Double-top.2C_sandwich-top_and_composite-top
  5. http://dunwellguitar.com/DoubleTop/DoubleTop.htm

Sumber : http://thinktextiles.blogspot.com/2009/12/nomex-dan-gitar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s