Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3) Batubara di Industri Tekstil


Limbah batubara  yang dikenal sebagai fly ash (FA) dan bottom ash (BA) digolongkan sebagai limbah B3  menurut PP18/99 jo PP 85/99, dimana dalam PP ini tidak menyebutkan secara spesifik mengapa FA dan BA termasuk dalam daftar Tabel-2 Lampiran-I dikaitkan dengan karakteristik seperti tercantum dalam katagori B3.

Pengelolaan yang dilakukan terhadap FA dan BA di industri Tekstil saat ini, adalah pengumpulan dalam wadah karung dan penimbunan dilokasipabrik dalam bangunan tertutup atau dalam udara terbuka, selain itu juga dikelola oleh pihak ketiga. Beberapa industri saat ini telah memiliki izin khusus untuk penimbunan sementara secara sendiri maupun dikelola bersama  dan di Jawa Barat baru satu yang mempunyai ijin pengolahan limbah seperti yang dipersyaratkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Pemanfaatan limbah batubara sebagai bahan bangunan non-struktural, seperti batako, paving block, atau bata press dan juga sebagai subtitusi parsial semen dalam pembuatan beton telah dilakukan oleh industri. Kajian akademis pemanfaatan limbah batubara telah dilakukan dilengkapi  beberapa penelitian pemanfaatan limbah batubara termasuk toksisitasnya.

Menunjang keinginan industri tekstil  untuk delisting dari daftar limbah B3 bagi limbah batubara perlu dilakukan dan diupayakan keberhasilannnya, karena kadar logam berat limbah batubara berada jauh dibawah baku mutu dalam PP 85/1999 dan karakteristik limbah B3 lainnya tidak dimiliki oleh Fly Ash dan Bottom Ash.

 

 

http://www.bbt.kemenperin.go.id/index.php/hasil-penelitian/arena-tekstil/49-arena-2007/176-Pengelolaan-Limbah-Bahan-Berbahaya-Dan-Beracun-%28B3%29-Batubara-di-Industri-Tekstil

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s